Starlet Owner Logo


Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
[Sharing] Mengenal dan Review Ban Ban Mobil
Share |
10-19-2011, 10:37 AM (This post was last modified: 10-19-2011 10:52 AM by 789cz.)
Post: #1
Mengenal dan Review Ban Ban Mobil
Haloo semua, saya mau sharing dan review tentang ban mobil nih. Mungkin udah banya temen-temen yang udah tau mengenai hal ini, namun tidak ada salahnya saya masukin di mari biar bisa dijadiin referensi temen-temen manakala udah waktunya ganti sepatu buat si Sutar kesayangannya.

Temen-temen juga kasih reviewnya ya ban mobil yang pernah dipake.
Semoga bermanfaat ya.

"Hasil Ngopas"
Terdapat banyak informasi penting yang tercetak pada dinding-samping sebuah ban. Tercetak nama ban, ukuran, tipe tubeless atau tube type, tingkatan / level ban, batas kecepatan, batas muatan, batas tekanan angin, peringatan serta anjuran keamanan dan banyak lagi. Silahkan klik di area gambar ban untuk memahami tentang informasi ban secara detail. (dibawah gambar ban tersebut dapat anda baca secara berurutan mengenai rangkuman informasi tentang spesifikasi ban).
Tulisan di dinding-samping pada ban Passenger
Contoh : 215/65R15 89H
“215″ lebar ban : adalah lebar antara dinding-samping satu ke dinding-samping lainnya dalam satuan millimeter. Pengukuran ini bisa menghasilkan ukuran yang berbeda-beda tergantung lebar rim / velg yang terpasang: akan bertambah lebar jika dipasang pada rim yang lebar, dan sebaliknya. Namun lebar yang tertulis pada dinding-samping di sebuah ban adalah di ukur dengan memasangkan rim yang lebarnya sesuai dengan rekomendasi dari pabrik pembuat ban.

“65″ Aspek Rasio : adalah rasio / perbandingan antara tinggi dengan lebar penampang ban; “65” berarti tinggi ban adalah 65% dari lebar penampang ban tersebut.

“R” konstruksi : adalah bagaimana lapisan ban disusun didalam (carcass) ban. “R” berarti radial. Jika “B” berarti ban tersebut mempunyai konstruksi sabuk bias (bias belted). Jika “D” maka berarti konstruksinya adalah bias diagonal (diagonal bias).

“15” diameter rim : adalah diameter dari velg dalam satuan inci.

“89” indeks muatan : sesuai dengan standar industri ban maka ban tersebut mempunyai batas muatan sebesar 580 kilogram. Terdapat beragam tingkatan batas muatan pada ban sesuai dengan jenisnya. Batas muatan ditulis menggunakan satuan lbs. (pon) dan kg (kilogram), batas tekanan angin dalam PSI (pounds per square inch) dank kPa (kilopascals).

“H” batas kecepatan : sesuai dengan standar industri ban maka ban tersebut mempunyai batas kecepatan mencapai 210 kilometer per jam. Ada perbedaan penempatan tulisan simbol batas kecepatan seperti pada sistem Eropa yang lama yang ditulis seperti 215/65HR15. Terdapat beragam tingkatan batas kecepatan pada ban sesuai dengan jenisnya.

Tulisan “DOT” berarti ban tersebut telah memenuhi standar persyaratan dari Department of Transportation (DOT) pemerintah Amerika Serikat. Berdekatan dengan tulisan “DOT” adalah nomor seri ban, yaitu gabungan antara angka dan huruf abjad yang tersusun sampai 11 karakter.

Pada dinding-samping juga tertera tipe benang dan jumlah lapisan yang terdapat di dalam dinding samping dan telapak ban.

Tingkatan ban : sitem Uniform Tire Quality System (UTQG)
Terkecuali ban untuk salju, DOT mewajibkan pabrik pembuat ban untuk membedakan ban untuk mobil penumpang berdasarkan tiga jenis kemampuan : untuk keawetan / jarak tempuh, daya cengkeram dan daya tahan terhadap temperatur.

Jarak Tempuh Lebih dari 100 – lebih baik 100 – Normal Kurang dari 100 – kurang Tingkatan jarak tempuh / keawetan tersebut didasarkan pada pengetesan pada saat kondisi terkontrol yang diawasi oleh pemerintah (DOT) di suatu lintasan jalan khusus yang telah ditentukan. Sebuah ban dengan tingkatan 200 akan mampu mencapai dua kali lipat dibandingkan dengan sebuah ban dengan tingkatan 100 jika di test di lintasan jalan khusus tersebut. Akan tetapi pada kenyataannya bahwa keawetan ban sangatlah beragam tergantung dari sifat / cara mengemudi, jenis pemakaian mobil dan kondisi jalan. Catatan : Tingkatan jarak tempuh hanya dipakai sebagai pembanding oleh pabrik pembuat ban terhadap satu jenis produk dengan jenis produk lainnya. Tingkatan ini tidak berlaku sebagai pembanding antar pabrik pembuat ban satu dengan pabrik pembuat ban lainnya.

Daya Cengkeram
A – Terbaik B – Rata – rata C – Di terima
Tingkatan daya cengkeram adalah kemampuan pengereman di jalan basah yang dites pada kondisi terkontrol yang diawasi dan ditentukan oleh pemerintah (DOT) pada lintasan jalan khusus yang telah ditentukan. Tingkatan daya cengkeram didasarkan oleh pengetesan pengereman secara mendadak; tidak memperhatikan kemampuan dalam hal menikung.

Daya Cengkeram
A – Terbaik B – Rata – rata C – Di terima

Indek Batas Muatan & Batas Kecepatan
Tingkatan temperatur dimaksudkan adalah kekuatan ban terhadap meningkatnya panas saat dites dalam ruangan laboratorium tes ban khusus dengan kondisi yang terkontrol. Pada kondisi temperatur yang tinggi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan berubahnya sifat bahan material ban yang kemudian dapat mengurangi keawetan ban. Pada kondisi temperatur yang sangat tinggi dapat pula menyebabkan terjadinya kerusakan ban. Peraturan pemerintah Amerika Serikat mewajibkan semua ban harus mempunyai minimum tingkatan panas Tingkat C.

Indek kecepatan adalah batas maksimum kecepatan untuk ban mobil penumpang. Pada ban Truk Kecil / Light Truck tidak dicantumkan indek kecepatannya. Berikut adalah tabel indek kecepatan dalam satuan kilometer. Sitem indek kecepatan ini digunakan oleh semua produsen ban.

Simbol Kecepatan Kecepatan Maksimum
B 50 Km/Jam
F 80 Km/Jam
G 100 Km/Jam
N 140 Km/Jam
S 180 Km/Jam
T 190 Km/Jam
U 200 Km/Jam
H 210 Km/Jam
V 240 Km/Jam
Z >240 Km/Jam

Tulisan di dinding-samping pada ban Truk Kecil / Light Truck
“LT” adalah singkatan dari Light Truck (truk kecil)
“LT235/85R16” adalah sistem ukuran pada ban Light Truck.
“LOAD RANGE D” adalah simbol batas muatan dan tekanan angin.
“RADIAL” berarti bahwa ban tersebut mempunyai konstruksi radial.
“MAX. LOAD SINGLE 2623 lbs. AT 65 psi COLD” berarti batas muatan yang diperbolehkan pada batas minimum tekanan angin yang diperbolehkan yang diukur dalam keadaan dingin / suhu ruangan ketika dipasang pada pemasangan ban ganda / dual spacing. Tulisan lainnya yang tertera di dinding samping pada ban Light Truk sama artinya seperti yang sudah dijelaskan pada ban mobil penumpang.
Info tambahan:
1. TR, Ban jenis ini mampu digunakan untuk kecepatan kendaraan sekitar 100 Km/jam.
2. HR, Ban jenis ini mampu digunakan untuk kendaraan yang melaju dengan kecepatan 210 Km/jam.
3. VR, Ban jenis ini dapat digunakan pada kendaraan yang mampu melaju pada kecepatan 260 km/jam
4. ZR, kode tersebut menunjukkan bahwa ban jenis ini mampu digunakan pada kendaraan yang mampu melaju pada keceparan 340 km/jam.


Kemudian ini review ban mobil yang ane pake:
Merk: GT Radial
Type: Champiro HPX
Spec: 195/50/ZR15 82W
Jalan Kering: 7 (asumsi penilaian 1-10)
Jalan Basah: 8 (asumsi penilaian 1-10)
Tapak Ban: sedang (asumsi penilaian cepat-sedang-awet)
Suara: sedang (asumsi penilaian bising-sedang-senyap)
Harga: 600-an K (lupa persisnya)
(Ini penilaian Subyektif, bisa berbeda dengan org lain).

Tambahan, kalo mau beli ban, jangan lupa cek kode produksinya ya, contoh di pinggir ban terdapat tulisan "0611" artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke 6 tahun 2011.

Jika ada informasi yang kurang ato perlu diralat silakan ditambahkan ya.
Indahnya berbagi.

Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
10-19-2011, 10:42 AM
Post: #2
RE: Mengenal dan Review Ban Ban Mobil
Nice inpo bro Big Grin jd tw nigh mau pake ban ukuran brapa2nya Thumbsup
cek kancut Big Grin

got the boost in you?
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
10-19-2011, 10:50 AM
Post: #3
RE: Mengenal dan Review Ban Ban Mobil
Sekalian ditambah review ban yang pernah dipake ya

Peace

Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
10-19-2011, 06:41 PM
Post: #4
RE: Mengenal dan Review Ban Ban Mobil
Kereen neh bro..buat panduan kalo mau beli ban..
sementara blom bisa kasih review ban yg gw pake soalnya gonta2i mulu bingung yg mana yg inget Peace

cek cangcut jg yee.. Big Grin

Abmon GT
Abunawas Technica | Toyota Starlet SEG '94 | Grey | B 2091 QJ
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
10-20-2011, 08:43 AM
Post: #5
RE: Mengenal dan Review Ban Ban Mobil
Mungkin link ini bisa berguna juga
http://www.1010tires.com/TireSizeCalcula...&reset=yes

it's built, not bought Cerutu
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
01-24-2012, 02:34 PM
Post: #6
RE: Mengenal dan Review Ban Ban Mobil
(10-19-2011 10:50 AM)789cz Wrote:  Sekalian ditambah review ban yang pernah dipake ya

Peace

sekedar sharing, baru saja ganti ban depan belakang dengan ukuran 185/55/R14 dari sebelumnya 175/65/R14. dari segi penampilan mungkin biasa saja tapi dari segi kenyamanan ternyata lebih pas dengan ukuran 185/55/R14, karena dengan ukuran sebelumnya ban suka nggasruk kalo putas setir full
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
06-05-2012, 04:06 PM
Post: #7
RE: Mengenal dan Review Ban Ban Mobil
Gmana caranya ya,,supaya starlet saya,,,,nggk ngebuang lg kekiri
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
06-05-2012, 06:02 PM
Post: #8
RE: Mengenal dan Review Ban Ban Mobil
(06-05-2012 04:06 PM)angga numpang Wrote:  Gmana caranya ya,,supaya starlet saya,,,,nggk ngebuang lg kekiri

Ud coba sporing balance bro?Confused

got the boost in you?
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
06-05-2012, 08:34 PM
Post: #9
RE: Mengenal dan Review Ban Ban Mobil
(06-05-2012 04:06 PM)angga numpang Wrote:  Gmana caranya ya,,supaya starlet saya,,,,nggk ngebuang lg kekiri

(06-05-2012 06:02 PM)kunin Wrote:  Ud coba sporing balance bro?Confused

setuju dengan om sumod. coba spooring balansing. cek tekanan ban jg. pas spooring coba perhatikan angka2nya. minta angka chamber roda depan kanan kiri disamain. dulu pernah kejadian di blue devil, angka chamber roda kanan n kiri beda. stir bawaannya berat ke kiri. terkadang tukang spooring malas mengadjustnya krn harus ngendorin baut pegangan bawah shock depan.

it's built, not bought Cerutu
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
Post Reply