Starlet Owner Logo


Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
[Sharing] Diskusi tentang mesin disini yuks! [a thread by EP Engineering Crew]
Share |
03-20-2012, 07:31 AM (This post was last modified: 03-20-2012 07:45 AM by heroedien.)
Post: #31
Shocked Mohonbantuan
Newbie nih punya starlet tahun 92, oli mesin ko sering naik ke saringan udara yah...???
kira2 kerusakan dmana n perbaikannya bagaimana...??
posisi di semarang
salam kenal yah semua starletters....
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
03-20-2012, 10:31 AM
Post: #32
RE: Mohonbantuan
(03-20-2012 07:31 AM)heroedien Wrote:  Newbie nih punya starlet tahun 92, oli mesin ko sering naik ke saringan udara yah...???
kira2 kerusakan dmana n perbaikannya bagaimana...??
posisi di semarang
salam kenal yah semua starletters....

dipindah kemari yah bro Big Grin biar bisa dibantu sama juragan2 ep eng Angkat Beer

got the boost in you?
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
03-20-2012, 11:45 AM
Post: #33
RE: Mohonbantuan
(03-20-2012 07:31 AM)heroedien Wrote:  Newbie nih punya starlet tahun 92, oli mesin ko sering naik ke saringan udara yah...???
kira2 kerusakan dmana n perbaikannya bagaimana...??
posisi di semarang
salam kenal yah semua starletters....

ni kalo perkiraan saya ya bro, CMIIW sebelumnya, naiknya oli ke filter udara pastinya dari jalur breather head cover kan? Smilie

sebelum nya fungsi ini di lakukan oleh PCV (Positive Cranksaft Ventilation?), dimana pada kondisi tekanan tertentu, udara di head akan di alirkan kembali ke masuk ke mesin melalui valve se arah PCV ini.

lha koq masuknya ke saringan udara? nah ini juga sedikit tricky buat saya pribadi. setau saya semua jenis mesin pasti memiliki jalur breather (bukan pcv yah) untuk membuang uap oli, dialirkan masuk kembali ke ruang bakar dengan kuantitas yang masih dalam batas 'wajar'.
tapi kadang2 uap oli nya jadi banyak banget yg masuk ke box filter udaranya, otomatis terhisap oleh karbu, mengganggu AFR, dan hasil nya mobil jadi boros.

kadang mengganti PCV bisa menyelesaikan masalah ini (padahal beda tempat ya? Big Grin), tapi ada beberapa kasus naiknya oli ini karena jenis dan kuantitas oli yang terlalu banyak. mungkin bisa dilihat dulu di dipstick oli nya. apakah memang oli nya di atas indikator F (Full). Kalo memang terlalu banyak, buang sedikit olinya (dikit aja pokoknya) lewat lubang pembuangan oli.
ada juga yang ganti jenis oli, misalkan asalnya 10-40w uapnya banyak, ganti 15-50w uapnya jadi dikit. tapi ini juga tergantung preferensi masing2 dan kondisi mesin.
nah kalo emang kita yakin mesin kita "sehat" dan "normal", oli udah cocok, gak kepenuhan, pcv bagus, imho saya lebih suka pasang oil catch tank aftermaket atau merk HKS (Hasil Kreasi Sendiri) di jalur tersebut Peace jadi uap oli yang keluar dari jalur tersebut tidak langsung masuk ke karburator, tapi tertampung di OCT tadi.

pengen coba yang murah? coba pasang saringan bensin kw 100 di antara jalur breather dan filter udara. kalo memang tertampung disitu cukup banyak, berarti waktunya nabung buat beli/bikin oct yg lebih 'waras' wkwkwkwkwk......

ada juga yang lebih suka pake Breather aftermarket, tapi saya pribadi gak suka pake begituan. Soalnya dulu pernah pake, ternyata uap oli nya banyak banget, jadi item2 ke kap mesin Frown



itu personal opinion yah, kalo ada yang mau koreksi atau ada pendapat lain, monggo Embarrassment Embarrassment
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
03-21-2012, 07:47 AM
Post: #34
RE: Diskusi tentang mesin disini yuks! [a thread by EP Engineering Crew]
Wah terima kasih banyak nih bung ogel2 atas pencerahannya,
masukan banget buat saya,coz kmaren2 posting d sebelah blom dapet tanggepannya ampe sekarang,dsini cepet banget tanggapannya..............
jadi tertarik nyobain masang saringan bensin KW100 nih.....wkwkwkwkwkw
oh yah gmana cara upload fotonya yah jadi bisa buat alporan nih ke bung ogel2...
Thanks yah!
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
03-21-2012, 08:46 AM
Post: #35
RE: Diskusi tentang mesin disini yuks! [a thread by EP Engineering Crew]
(03-21-2012 07:47 AM)heroedien Wrote:  Wah terima kasih banyak nih bung ogel2 atas pencerahannya,
masukan banget buat saya,coz kmaren2 posting d sebelah blom dapet tanggepannya ampe sekarang,dsini cepet banget tanggapannya..............
jadi tertarik nyobain masang saringan bensin KW100 nih.....wkwkwkwkwkw
oh yah gmana cara upload fotonya yah jadi bisa buat alporan nih ke bung ogel2...
Thanks yah!

upload foto bisa di imageshack atau photobucket om Smilie selamat bereksperimen yah.

perlu saya tambahkan disini, kalo ternyata problem di atas masih berlanjut berarti saatnya masbro nengok jeroan mesinnya Peace
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
03-21-2012, 09:19 AM
Post: #36
RE: Diskusi tentang mesin disini yuks! [a thread by EP Engineering Crew]
Kalo soal mesin ane masih oon mas bro.....
cara liat tipe mesinnya gmana yah mas bro...???
mohon pencerahan yah
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
03-21-2012, 09:36 AM
Post: #37
RE: Diskusi tentang mesin disini yuks! [a thread by EP Engineering Crew]
Kalo mau liat tipe mesinnya, liat aja kodenya di blok mesin mas. posisinya pas di bawah head cilynder, di atas master kopling. ada tulisannya nanti 1Exxxx, ato 2Exxx. ato bisa juga liat dari STNKnya kalo lum pernah ganti mesin.

it's built, not bought Cerutu
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
03-22-2012, 09:06 AM
Post: #38
RE: Diskusi tentang mesin disini yuks! [a thread by EP Engineering Crew]
Terima kasih atas pencerahannya para senior....
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
03-28-2012, 03:57 PM
Post: #39
RE: Diskusi tentang mesin disini yuks! [a thread by EP Engineering Crew]
Nongkrong dulu ahh disini Big Grin

Abmon GT
Abunawas Technica | Toyota Starlet SEG '94 | Grey | B 2091 QJ
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
04-04-2012, 03:00 PM
Post: #40
RE: Diskusi tentang mesin disini yuks! [a thread by EP Engineering Crew]
Permisi.. ikutan nongkrong + nanya nanya yahh... mau tanya kalo part subtitusi buat 4efte seperti filter bensin dan fuelpump pake punya apa yah?? biasanya kalo indikasi fuelpump rusak itu kayak apa sich?
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
Post Reply