Starlet Owner Logo


Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
[Ask] Rembesan Oli dari Bawah
Share |
08-27-2013, 01:36 PM
Post: #1
Rembesan Oli dari Bawah
Met siang agan2 & om2 skalian. Mau tanya, kalo ada rembesan oli kaya gini:


Kira-kira masalahnya apa ya? Trus gimana benerinnya?
Terima gajih, eh kasih. Peace
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
08-29-2013, 08:11 AM
Post: #2
RE: Rembesan Oli dari Bawah
(08-27-2013 01:36 PM)gun205 Wrote:  Met siang agan2 & om2 skalian. Mau tanya, kalo ada rembesan oli kaya gini:


Kira-kira masalahnya apa ya? Trus gimana benerinnya?
Terima gajih, eh kasih. Peace
ini biasanya seal kruck as,, dlm kondisi ini posisinya yg disebelah gearbok,, kisaran 200rb sealnya,, cuman jasa benerinnya musti bongkar geabox,,

got the boost in you?
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
08-29-2013, 08:43 AM
Post: #3
RE: Rembesan Oli dari Bawah
(08-29-2013 08:11 AM)kunin Wrote:  ini biasanya seal kruck as,, dlm kondisi ini posisinya yg disebelah gearbok,, kisaran 200rb sealnya,, cuman jasa benerinnya musti bongkar geabox,,

Klo jasanya kisaran berapa kk? Bongkar gearbox apa sama kaya turun mesin?

Selama seal kruck as bocor, berarti oli gearbox bisa ngurangin ya kk? Klo oli gearbox gimana ngeceknya ya? Klo oli mesin kan pake dip stick. Oli rem sama oli kopling juga kliatan di tabungnya.

Maaf banyak nanya. Maklum newbie bgt (baru megang mobil). Peace
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
08-29-2013, 01:19 PM
Post: #4
RE: Rembesan Oli dari Bawah
(08-29-2013 08:43 AM)gun205 Wrote:  Klo jasanya kisaran berapa kk? Bongkar gearbox apa sama kaya turun mesin?

Selama seal kruck as bocor, berarti oli gearbox bisa ngurangin ya kk? Klo oli gearbox gimana ngeceknya ya? Klo oli mesin kan pake dip stick. Oli rem sama oli kopling juga kliatan di tabungnya.

Maaf banyak nanya. Maklum newbie bgt (baru megang mobil). Peace
kisaran 200 jg lah jasanya,, oli gearbox nga bisa dicek,, ini yg meler oli mesin bukan gearbok,,

got the boost in you?
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
08-29-2013, 04:21 PM
Post: #5
RE: Rembesan Oli dari Bawah
(08-29-2013 01:19 PM)kunin Wrote:  kisaran 200 jg lah jasanya,, oli gearbox nga bisa dicek,, ini yg meler oli mesin bukan gearbok,,

Oke deh, untung ga sampe turun mesin.

Pertanyaan lagi, sambil ganti seal kruck as, ada yang bisa dikerjain sekalian ga? Maksudnya biar ga bolak-balik ke bengkel. Kali aja ada yang perlu dicek/ganti. Apa sekalian ganti oli gearbox?
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
08-29-2013, 05:34 PM
Post: #6
RE: Rembesan Oli dari Bawah
(08-29-2013 04:21 PM)gun205 Wrote:  Oke deh, untung ga sampe turun mesin.

Pertanyaan lagi, sambil ganti seal kruck as, ada yang bisa dikerjain sekalian ga? Maksudnya biar ga bolak-balik ke bengkel. Kali aja ada yang perlu dicek/ganti. Apa sekalian ganti oli gearbox?

ganti kopling kalau memang udah uzur,, oli gearbox nga sama tempatnya dgn posisi kopling,, dia tersendiri di sebelah kanan,, kalau mau ganti bole jg,,

got the boost in you?
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
08-30-2013, 06:39 AM
Post: #7
RE: Rembesan Oli dari Bawah
(08-29-2013 05:34 PM)kunin Wrote:  ganti kopling kalau memang udah uzur,, oli gearbox nga sama tempatnya dgn posisi kopling,, dia tersendiri di sebelah kanan,, kalau mau ganti bole jg,,

Klo kopling & oli gearbox yang udah layak ganti ciri2nya kaya gimana kk? Klo bisa ada pic-nya.

Btw makasih banyak nih. Jadi kaya tutorial gini, hehe.. Peace
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
08-30-2013, 09:49 AM
Post: #8
RE: Rembesan Oli dari Bawah
(08-30-2013 06:39 AM)gun205 Wrote:  Klo kopling & oli gearbox yang udah layak ganti ciri2nya kaya gimana kk? Klo bisa ada pic-nya.

Btw makasih banyak nih. Jadi kaya tutorial gini, hehe.. Peace

kopling cirinya meisn nga mau lari,, udah dibejek tp mobil larinya segitu2 aj,, cara ngeceknya masukin gear 5 terus lepas kaya mau jln biasa,, mesin mati atau nga,, kalau mati msh bagus koplingnnya,, kalau nyala biasanya udah minta ganti,,
oli perseneleng biasanya 3x ganti oli mesin 1x oli gearbok,, kalau mobilnya baru dibeli ganti aja semua oli2 biar jelas rekord nya,,

got the boost in you?
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
09-03-2013, 04:03 PM
Post: #9
RE: Rembesan Oli dari Bawah
(08-29-2013 01:19 PM)kunin Wrote:  kisaran 200 jg lah jasanya,, oli gearbox nga bisa dicek,, ini yg meler oli mesin bukan gearbok,,

Saya juga baru aja mengalami hal yang sama. Waktu itu kondisinya baik baik aja (ngga rembes). Setelah ganti oli malah jadi netes. bengkel bilang karena ngisi olinya kebanyakan. emang sih level oli di dip stick 1 cm di atas garis max. Alasannya masuk akal ngga ya? atau emang seal nya harus sudah diganti?

Makasih masukannya
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
09-04-2013, 03:04 PM (This post was last modified: 09-04-2013 03:08 PM by gun205.)
Post: #10
RE: Rembesan Oli dari Bawah
Lapor gan, mobil udah dibawa ke bengkel. Waktu pertama kali mekanik liat, mekaniknya langsung bilang klo tetesan oli berasal dari persneleng. Kayanya dia bisa ngebedain oli persneleng sama oli mesin cuma dari tampilan & baunya. Abis dia liat2 & cium2 sih olinya. Trus bilang deh klo itu oli persneleng. Aneh yah... Confused

Setelah dibongkar dan ditengok kesana kesini, ternyata seal oli persneleng memang udah jebol. Plat kopling sebelah kiri (sisi gearbox) juga ikut basah kena oli persneleng. Pas dicek sama mekanik, rada oblak pas digoyang-goyang. Makanya disaranin sekalian ganti plat kopling.

Langsung deh ane ke toko spare part, akhirnya dapet oil seal merek KOYO apa NOK yah lupa... Confused
Sedangkan plat kopling pake merek AISIN Jepang. Ga kuat yang ori bro, kisaran 650rb ke atas. AISIN cuma 225rb. Mahos

Setelah seal diganti & gearbox dipasang lagi ke mesin, dilakukanlah test drive. Coba jalan dari Bandung ke Tangerang. Sesampainya di rumah dicek, oli udah ga netes lagi. Syukurlah... Malus

Ini dia biang keladinya:


Geabox-nya basah basah basah...


Seal kruk as kayaknya aman2 aja, coz sisi mesin kering:


(09-03-2013 04:03 PM)ajaj2323 Wrote:  Saya juga baru aja mengalami hal yang sama. Waktu itu kondisinya baik baik aja (ngga rembes). Setelah ganti oli malah jadi netes. bengkel bilang karena ngisi olinya kebanyakan. emang sih level oli di dip stick 1 cm di atas garis max. Alasannya masuk akal ngga ya? atau emang seal nya harus sudah diganti?

Makasih masukannya

Coba aja dikurangin dulu olinya bro, maksimal sampe garis "F". Nanti diliat lagi masih netes apa enggak.
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
Post Reply