Starlet Owner Logo


Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
[DIY] Repair cakram depan,,
Share |
02-03-2014, 06:08 PM
Post: #1
Repair cakram depan,,
yoelfera;52ed109bf9ca1714098b46a7 Wrote:Maaf sudah lama ngak kesini?

Ane mau share sedikit mengenai DIY ganti caliper kit dan bongkar neple yang patah.
Sebelumnya Thank buat Uda Kunin dan Mas Sigit yang sudah kasih supportnya melalui BB
Histori
Hari minggu kemaren pulang dari Istiqlal sampe di statiun senen, mobil dah terasa ngak enak bawanya, kayak ada yang nahan. tp kecurigaan itu yang di abaikan, Pas di tol temperature mesin mulai naik dari setengah sedikit, lalu ane pelanin bawa si silver sampe karawang. pas temperature naik ane curiga radiator masalah, lalu sesampe di karawang ane cek aliran air radiator bagus dan ngak berkurang.
Seninnya dibawa ke kantor dan pas gas di lepas ada yang nahan laju mobil, lalu ane curiga, kayaknya rem masalah, lalu turun liat ban, kiranya velg depan kanan dah hitam karena kampas rem dan panas sekali. Lalu ane diamin dan bawa pulang pas suhu velg mulai turun,

Malamnya ane buka velg, dan pas didongkrak ban depan yag panas td berat untuk diputar. (cakram macet)
Spoiler:
Lalu BB mas kunin tanyain masalahnya.Malu
Lalu bongkar velg dan kampas rem, pas di cek, keret pelindung piston kaliper dan sobek serta piston berkarat. serta buka nepple untuk buang minyak rem. pas buka, neplenya patah.
Spoiler:
Spoiler:
Lalu besoknya cari caliper kit di karawang, dah ubek2 toko spare part di karawang, ngak ada partnya, lalu terpaksa ke A2K pesan part tersebut dan ada, delivery besoknya.
Lalu ke pabrik bawa kepala babi untuk buka baut yang patah (ada ilmu machining dikit) lalu di bor dan dibuka pakai screw extractor, tetap aja ngak bisa keluar (dah lengket banget karena kepanasan)
Lalu ukur diameter dan pitch ulir dari nepple(bekas patahan) ternyata M7x1 (bukan ukuran standar) terpaksa pesan tap M7 ke glodok dan alhamdulillah ada dan dikirim via ti.i. Malamnya ke tambal ban untuk mengeluarin piston pakai tekanan kompresor 8 bar, (dicoba di pabrik pakai 6 bar ngak bisa keluar). setelah keluar bersiin piston dari karat dengan wd
Besoknya caliper kit dan tap M7 datang
Spoiler:
dan lakukan proses nge tap M7 buat mengeluarin neple patah dan buat ulir baru
Spoiler:
Setelah selesai proses pengetapan dan coba masukan neple baru, alhamdulillah OK, dilanjutkan cek karet kaliper sebelah kiri, ternyata sama kondisinya. karet dah bolong2 dan piston dah karatan. Lakukan pembongkaran dan pembersihan.
Setelah piston bersih dan dalam kepala babi juga bersih. lakukan pemasangan karet2 dan pasang kembali kepala babi dan kaliper.
Setelah selesai smua terpasang. lakukan proses pengisian minyak rem dan buang angin pada pipa jalur minyak rem dwngan sendirian (referensi dari http://maruzar.blogspot.com/2012/06/cara...-satu.html). Lalu lakukan pengetesan rem, hasilnya kurang memuaskan (rem pakem tp agak dalam)
Lakukan lagi buanga angin pada rem dengan 2 orang (setelah bb dengan mas kunin) Hasilnya Rem sudah normal kembali dan pengereman sudah bagus.

Maaf terlalu panjang dan berbelit2
Thanks buat Mas Kunin dan Mas Sigit atas bantuannya:2thumbup:2thumbup

kredit to da yoel Thumbsup

got the boost in you?
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
02-03-2014, 08:56 PM
Post: #2
RE: Repair cakram depan,,
(02-03-2014 06:08 PM)kunin Wrote:  kredit to da yoel Thumbsup

Thanks Mas jempolnya. Jadi Malu. He.he

Yoel
Std 2E
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
Post Reply