Starlet Owner Logo


Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
[Help] Temperatur mesin
Share |
01-23-2013, 10:07 PM
Post: #11
RE: Temperatur mesin
(01-15-2013 10:08 PM)deraditz Wrote:  Ini sejak dahulu kala perdebatannya loh.. bisa masuk rekor sebagai perdebatan diluar politik yang paling panjang Big Grin

*ngawurs
iya,, debat kusir andong ini mah,, nga ada yg bener atau salah Big Grin
(01-23-2013 10:00 PM)pu2tsol Wrote:  Ga pake thermostat,relatif mesin lebih dingin,tp ya gitu,kipas nyala terus.
Pake thermostat,kebalikannya.
Selera masing2,saya lebih suka ga ada thermostat,hehehe,mskpn jalan lumayan lama,mesing cuma anget,jarum indikator ga sampe seperempat. Ga tahu ya,mungkin perasaan saja atau beneran,kalo mesing relatif dingin,suaranya relatif lebih halus,tarikan lebih padet.

tergantung masing2 aja bro Big Grin

got the boost in you?
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
12-12-2013, 10:57 AM
Post: #12
RE: Temperatur mesin
Nubie ijin komeng suhu. kalo masalah copot thermostat menurut ane sih jangan. kecuali emang thermostat rusak dikeadaan MENUTUP. kalo rusak di kondisi thermostat MENUTUP, lebih baik dicopot, atau ganti baru. kalo kita orang di daerah jakarta yang jarang suhu udara dingin, lepas thermostat sih ga masalah, kalo yg tinggal di pegunungan bisa bikin overcooling, bensin boros om, soalnya ga di temp ideal buat pembakaran. kalo masalah fan on terus bukan dari thermostat, tapi dari temp. sender extra fan dan relay yang rusak. saran ane jangan pernah bypass extrafan, karna bakal on terus, aki cpet soak, motor extra fan pendek umurnya. untuk yang sering overheat, ane saranin pake motor extrafan+kipas punya Avanza dikawinin pake housing ori starlet, bobok housing sma motong kipasnya sedikit. dijamin adem, puteran kipas kenceng banget. regards
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
12-13-2013, 11:14 AM
Post: #13
RE: Temperatur mesin
Masta TSO extra fan saya mati. yang perlu di cek bagian mana saja. sudah saya tes fan nya jalan (dg langsung menghubungkan ke aki)
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
12-13-2013, 01:14 PM (This post was last modified: 12-13-2013 01:16 PM by kunin.)
Post: #14
RE: Temperatur mesin
(12-13-2013 11:14 AM)frontalis Wrote:  Masta TSO extra fan saya mati. yang perlu di cek bagian mana saja. sudah saya tes fan nya jalan (dg langsung menghubungkan ke aki)

biasanya nya sigh temp sendernya udah ko,, coba di cek bro,,

got the boost in you?
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
02-18-2014, 01:39 PM
Post: #15
RE: Temperatur mesin
Kalo lagi jalan macet2an, AC nyala tapi nggak bisa dingin, trus temperatur naik hingga jarum temperatur di posisi 3/4, apanya yang bermasalah ya bro?, kalo jalan lancar posisi jarum diposisi 1/2 kurang dikit sampai 1/2.
keterangan: thermostat udah gak pakai, radiator bagus, air pakai colant,

Starko "BIAR JADUL TETAP GAUL":D
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
02-18-2014, 01:45 PM (This post was last modified: 02-18-2014 01:48 PM by pu2tsol.)
Post: #16
RE: Temperatur mesin
(02-18-2014 01:39 PM)Starko Orange Wrote:  Kalo lagi jalan macet2an, AC nyala tapi nggak bisa dingin, trus temperatur naik hingga jarum temperatur di posisi 3/4, apanya yang bermasalah ya bro?, kalo jalan lancar posisi jarum diposisi 1/2 kurang dikit sampai 1/2.
keterangan: thermostat udah gak pakai, radiator bagus, air pakai colant,

mungkin ekstra fannya pelan. Bisa jg airnya kurang (bisa dari tutup radiator)
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
02-18-2014, 02:13 PM
Post: #17
RE: Temperatur mesin
Thank bro masukanya, air colant masih batas full, ttup radiator masih bagus, mungkin fan radiator ya yg dimaksud extra fan itu? soale gak ada fan lain kecuali fan radiator ama fan condensor AC, cara ngecek pelan kencengnya fan gmn ya bro?

Starko "BIAR JADUL TETAP GAUL":D
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
02-19-2014, 04:40 PM
Post: #18
RE: Temperatur mesin
(02-18-2014 01:39 PM)Starko Orange Wrote:  Kalo lagi jalan macet2an, AC nyala tapi nggak bisa dingin, trus temperatur naik hingga jarum temperatur di posisi 3/4, apanya yang bermasalah ya bro?, kalo jalan lancar posisi jarum diposisi 1/2 kurang dikit sampai 1/2.
keterangan: thermostat udah gak pakai, radiator bagus, air pakai colant,

bisa jadi fan nya emang sudah mulai lemah, atau memang dari kompresornya udah berat om. saya sih malah cenderung 2-2 nya plus relay dari si fan itu sendiri
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
04-27-2014, 09:53 PM
Post: #19
RE: Temperatur mesin
(12-12-2013 10:57 AM)tonanton Wrote:  Nubie ijin komeng suhu. kalo masalah copot thermostat menurut ane sih jangan. kecuali emang thermostat rusak dikeadaan MENUTUP. kalo rusak di kondisi thermostat MENUTUP, lebih baik dicopot, atau ganti baru. kalo kita orang di daerah jakarta yang jarang suhu udara dingin, lepas thermostat sih ga masalah, kalo yg tinggal di pegunungan bisa bikin overcooling, bensin boros om, soalnya ga di temp ideal buat pembakaran. kalo masalah fan on terus bukan dari thermostat, tapi dari temp. sender extra fan dan relay yang rusak. saran ane jangan pernah bypass extrafan, karna bakal on terus, aki cpet soak, motor extra fan pendek umurnya. untuk yang sering overheat, ane saranin pake motor extrafan+kipas punya Avanza dikawinin pake housing ori starlet, bobok housing sma motong kipasnya sedikit. dijamin adem, puteran kipas kenceng banget. regards
Setuju gan, kalau ingin lebih dingin, pake motor n blade avanza,, tp housing ori starlet.
Punya ane pakai thermostat suzuki, tp nambah relay n resistor, walhasil fan nyala lebih awal (1/8) sdh nyala, jadi temperatur max di siang terik yg macet pakai ac, cuma naik stengah turun dikit (1/3)
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
05-02-2014, 03:54 PM
Post: #20
RE: Temperatur mesin
(02-19-2014 04:40 PM)ogel2 Wrote:  bisa jadi fan nya emang sudah mulai lemah, atau memang dari kompresornya udah berat om. saya sih malah cenderung 2-2 nya plus relay dari si fan itu sendiri

benar om, fan lemah karena alternator/dinamo amperenya yg gak beres, dinamo gak mau amper kalo rpm idle, baru ngampere kalo rpm 2000 keatas pantesan..temperatur jadi naik, setelah dinamo ampere diperbaiki ganti gulungan dan IC, kemarin dicoba jarum manteng di 1/2. tp belum beerani coba pakai AC, soalnya kompresor AC bermasalah juga nih, ada rembesan oli dibawah kompressor..Frown.

Starko "BIAR JADUL TETAP GAUL":D
Find all posts by this user View This User Garage
Quote this message in a reply
Post Reply